D’End corp. adalah perusahaan assembly alat
elektronik. Salah satu produk mereka adalah laptop, yang diproduksi secara
massal dengan kualitas terbaik karena dibuat dengan teknologi tinggi. Untuk
kegiatan analisa performansi, D’end corp. memberikan data sistem produksi
laptop mereka untuk dilakukan simulasi sistem dengan tujuan untuk meningkatkan
efisiensi dan efektifitas. Sebagai mahasiswa ITTelkom, Anda dipercaya
sebagai tenaga ahli yang professional dan diminta untuk membuat model simulasi
perusahaan tersebut, sehingga dapat menghasilkan simulasi sistem yang efektif dan efisien.
Berikut proses system yang terjadi pada pembuatan Laptop D’End corp.
Proses pertama kali terjadi ketika komponen, Layar, dan keyboard masuk pada lokasi kedatangan maing-masing untuk
digabungkan di lokasi assembly. Di
mesin assembly, Komponen, Layar, dan Keyboard tersebut di-assembly selama 3 menit oleh operator_assembly untuk dijadikan Laptop_tanpa_casing. Laptop tanpa casing ini kemudian dibawa oleh resource_assembly_pasang_casing menuju mesin pasang casing untuk digabungkan dengan casing_bawah dan casing_atas
yang datang dari lokasi kedatangannya
masing-masing. Di dalam mesin pasang casing terjadi penggabungan casing atas
dan casing bawah yang dioperasikan oleh operator_pasang_casing dengan distribusi waktu N(4.34 , 0.86) menit. Sebelum casing atas
diproses di mesin pasang casing, casing atas mengalami pewarnaan di mesin_colouring.
Casing atas datang dari kedatangannya
masuk ke conveyor yang di ujungnya
terdapat resource_ke_colouring yang bertugas untuk
mendistribusikan casing atas ke 3 mesin colouring. Pewarnaan casing ini
berlangsung selama N(5.17 , 0.343) menit, dengan presentase pemberian warna
putih 40%, biru 30%, dan merah 30%. Kemudian, masing-masing casing atas dari mesin colouring bergerak menuju mesin pasang casing melalui conveyor.
Setelah diproses di mesin pasang casing,
laptop tanpa casing kemudian berubah
menjadi Laptop yang masuk ke pengepakkan melalui conveyor. Di mesing pengepakkan laptop
dikemas dengan Dus yang datang dari Kedatangan Dus dengan menggunakan forklift. Proses pengepakkan
berlangsung selama U(2,1) menit yang dilakukan oleh operator_pengepakkan.
Laptop yang sudah dikemas diantar ke Agen dengan menggunakan Truk dengan kapasitas pengiriman 50
laptop sekali kirim.
Waktu kerja
Pekerja
bekerja 8 jam perhari, mulai
hari senin hingga jumat jam
8.00-17.00, dengan waktu
istirahat istirahat jam 12.00-13.00. Barang-barang yang datang saat para pekerja
istirahat dimasukkan ke dalam gudang,
dan diproses hari selanjutnya. Prioritas masuknya entitas ke gudang ditentukan
sebagai berikut :
-
Komponen : 1 Layar
: 5
-
Keyboard : 10 Casing
bawah : 7
-
Casing
atas : 6 Dus : 4
Mesin Assembly sering terjadi kerusakan yang
memiliki waktu kerusakan (MTTF) berdistribusi E(1800) menit. Sehingga
dibutuhkan waktu perbaikan (MTTR) dengan distribusi waktu E(180) menit. Dalam
upaya mencegah kerusakan yang sering terjadi, pabrik melakukan perawatan
berkala yang dilakukan setiap 5 jam.
Periodic maintenance
dilakukan pada lokasi :
Location
|
repair time
|
Assembly
|
N(15,5)
|
Mesin
colouring
|
N(15,5)
|
Pasang_casing
|
N(15,5)
|
Proses reparasi dalam satuan waktu menit, dengan
keterangan display “perawatan rutin mesin”
Elemen Biaya
Mesin
|
50.000/jam
|
Operator
|
10.000/jam
|
Forklift
& Truk
|
50.00/jam
|
Truk
|
10.000/jam
|
Gudang
|
50.000/hari
|
Conveyor
|
500/jam
|
Bahan
baku
|
|
Komponen
|
2.500.000
|
Layar
|
1.000.000
|
Keyboard
|
150.000
|
Casing
bawah
|
30.000
|
Casing
atas
|
50.000
|
Kardus
|
5.000
|
Harga
Jual
|
6.000.000
|
Data waktu distribusi
Data distribusi ini digunakan untuk distribusi
pada Arrival komponen, layar, keyboard, casing atas, dan casing bawah &
kardus. Satuan waktu yang digunakan dalam menit. Gunakan stat::fit untuk
menentukan distribusi yang tepat.
data
|
Arrival
komponen
|
Layar
|
Keyboard
|
Casing
Bawah
|
Casing atas
|
Casing
atas
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
2
|
0.8
|
2
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4.2
|
4
|
3
|
1
|
1
|
1
|
2
|
5
|
5
|
4
|
3
|
3
|
1.2
|
3
|
4.1
|
6
|
3
|
3
|
2.9
|
0.9
|
2
|
3.5
|
7
|
2
|
3
|
2
|
1.1
|
1
|
3.8
|
8
|
1
|
2
|
1.2
|
1
|
1.5
|
4
|
9
|
1
|
2
|
1.5
|
1
|
1.7
|
4.2
|
10
|
2
|
3
|
2
|
1.2
|
2.2
|
5
|
11
|
1
|
3
|
1
|
1
|
2
|
5.2
|
12
|
3
|
4
|
1
|
1
|
1
|
3
|
13
|
1
|
4
|
1.2
|
1.3
|
1.9
|
3.8
|
14
|
2
|
3
|
2.5
|
0.8
|
2
|
4.5
|
15
|
2
|
3
|
2
|
0.9
|
1.6
|
3
|
16
|
1
|
2
|
2
|
1
|
2.5
|
3
|
17
|
4
|
2
|
2.3
|
0.8
|
2.5
|
4
|
18
|
3
|
1
|
3
|
0.
|
2.5
|
5
|
19
|
1
|
2
|
3
|
0.85
|
1.8
|
4.35
|
20
|
2
|
1
|
1
|
0.9
|
1
|
5.1
|
21
|
3
|
1
|
1
|
0.9
|
2
|
5
|
22
|
2
|
3
|
2
|
0.6
|
3
|
4.6
|
23
|
3
|
3
|
2
|
0.7
|
1.9
|
4.6
|
24
|
4
|
2
|
2.6
|
0.9
|
1.2
|
4.4
|
25
|
3
|
2
|
1.7
|
1
|
2
|
5
|
26
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2.1
|
4.9
|
27
|
3
|
2
|
2
|
1.2
|
2
|
3.9
|
28
|
4
|
2
|
1.4
|
1
|
1.5
|
3
|
29
|
5
|
3
|
2.1
|
0.9
|
1
|
3.7
|
30
|
3
|
3
|
2
|
1
|
2
|
3.4
|
EFD
MODEL EXISTING
LOCATIONS
ENTITIES
Entity merupakan objek yang terlibat didalam
system.objek yang terlibat dalam simulasi system
Ini diantaranya:
·
Layar
·
Keyboard
·
Kompinen
·
Laptop_tanpa_casing
·
Casing_atas
·
Casing_bawah
·
Laptop
·
Dus
RESOURCES
Resource yang dipakai disini yaitu:
·
Operator_assembly
·
Resource_assembly_pasang_casing
·
Operator_pasang_casing
·
Resource_ke_colouring
·
Forklift
·
Operator_pengepakan
·
Truck
ARRIVAL
Arrival merupakan
waktu kedatangan dari suatu entities dan juga merpakan lokasi tempat kedatangan
entitas tersebut.arrival disini yaitu:
·
Kedatangan komponen
·
Kedatangan casing_atas
·
Kedatangan_casing bawah
·
Kedatangan_dus
PATH NETWORK
Path network merupakan jalur yang dilalui oleh entity ataupun
resource dari suatu location ke location lain.path network yang digunakan dalam
simulasi kali ini yaitu:
·
Net casing atas gudang merupakan jalur entities
casing atas menuju gedung
·
Net casing bawah gudang merupakan jalur entities
casing bawah menuju gedung
·
Net komponen gudang merupakan jalur entities
komponen menuju gedung
·
Net layar gudang merupakan jalur entities layar
menuju gedung
·
Net keyboard gudang merupakan jalur entities
keyboard menuju gedung
·
Net dus gudang merupakan jalur entities dus
menuju gedung
·
Net dus pak merupakan jalur entities dus menuju
pak
·
Net agen merupakan jalur laptop menuju agen
·
Net laptop tanpa casing merupakan jalur laptop
tanpa casing menuju mesin pasang casing
·
Net conveyor
merupakan jalur antrian
·
Net casing bawah merupakan jalur casing bawah
menuju mesin pasang casing
SHIFT EDITOR
Shift editor merupakan penjadwalan jam kerja dan jam
istirahat yang dilakukan pada simulasi
Shift editor pada simulasi ini dimulai pada senin jam 08.00
-17.00,dengan waktu istirahat jam 12.00-13.00
SHIFT ASSIGNMENTS
Shift assignment merupakan penjadwalan kerja dari setiap
location kecuali agen,gudang dan kedatangan entities
ATTRIBUTES
Attributes mempunyai fungsi sebagai variable yang akan
bergabung menjadi satu dengan sebuah location ataupun entity yang
spesifik.attribut juga berisi informasi mengenai entity ataupun location.attributes
yang diapakai pada simulasi kali ini yaitu attribute warna yang dilakukan pada
casing atas
VARIABLES
Variable pada promodel berfungsi untuk menghitung entities
yang melewati suatu lokasi maupun waktu tunggu pada satu interval waktu tertentu.variable yang diapakai di simulasi kali ini down
time,failure time,repair time
MACROS
Macros merupakan pendefinisian waktu rata rata kegagalan
suatu mesin,atau waktu rata rata perbaikan suatu mesin
PROCESSING
Processing adalah suatu modul dasar pada promodel untuk
mendefinisikan segala proses yang terjadi pada system.nah,proses yang terjadi
pada sistem pembuatan laptop akan ditampilkan di bawah ini.
********************************************************************************
* Processing *
********************************************************************************
Process Routing
Entity Location Operation Blk
Output
Destination Rule Move Logic
-------------------
----------------------- ------------------
---- ------------------- --------------------- ---------- -------
Layar Kedatangan_Layar IF ((CLOCK (MIN) MOD 1440>=720) AND
(CLOCK (MIN) MOD 1440<=780) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=1020) AND (CLOCK
(MIN) MOD 1440<=1440) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=0) AND (CLOCK (MIN) MOD
1440<=480))
THEN
{
ROUTE 2
}
ELSE
{
ROUTE 1
} 1 Layar Mesin_Assembly JOIN 1
2 Layar Gudang,5 FIRST 1 MOVE ON Net_Layar_gudang
Keyboard Kedatangan_Keyboard IF ((CLOCK (MIN) MOD 1440>=720) AND
(CLOCK (MIN) MOD 1440<=780) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=1020) AND (CLOCK
(MIN) MOD 1440<=1440) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=0) AND (CLOCK (MIN) MOD
1440<=480))
THEN
{
ROUTE 2
}
ELSE
{
ROUTE 1
} 1 Keyboard Mesin_Assembly JOIN 1
2 Keyboard Gudang,10 FIRST 1 MOVE ON Net_Keyboard_gudang
Komponen Kedatangan_Komponen IF ((CLOCK (MIN) MOD 1440>=720) AND
(CLOCK (MIN) MOD 1440<=780) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=1020) AND (CLOCK
(MIN) MOD 1440<=1440) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=0) AND (CLOCK (MIN) MOD
1440<=480))
THEN
{
ROUTE 2
}
ELSE
{
ROUTE 1
} 1 Komponen Mesin_Assembly FIRST 1
2 Komponen Gudang,1 FIRST 1 MOVE ON Net_Komponen_gudang
Komponen Mesin_Assembly GET Operator_Assembly
WAIT 3 MIN
JOIN 1 Layar
JOIN 1 Keyboard
FREE Operator_Assembly
1 Laptop_Tanpa_Casing
Mesin_Pasang_Casing FIRST 1 MOVE WITH Resource_Assembly_Pasang_Casing
THEN FREE
Casing_Atas Kedatangan_Casing_Atas IF ((CLOCK (MIN) MOD 1440>=720) AND (CLOCK
(MIN) MOD 1440<=780) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=1020) AND (CLOCK (MIN) MOD
1440<=1440) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=0) AND (CLOCK (MIN) MOD
1440<=480))
THEN
{
ROUTE 2
}
ELSE
{
ROUTE 1
} 1 Casing_Atas Conveyor_Casing_Atas FIRST 1
2 Casing_Atas Gudang,6 FIRST 1 MOVE ON Net_Casing_Atas_gudang
Casing_Atas Conveyor_Casing_Atas 1 Casing_Atas Mesin_Colouring_Putih 0.400000 1 Casing_Atas_Warna = 1
GRAPHIC 1
MOVE WITH
Resource_ke_Colouring THEN FREE
Casing_Atas
Mesin_Colouring_Biru
0.300000 Casing_Atas_Warna = 2
GRAPHIC 2
Casing_Atas Mesin_Colouring_Merah 0.300000 Casing_Atas_Warna = 3
GRAPHIC 3
Casing_Atas Mesin_Colouring_Putih WAIT N(5.17, 0.343) MIN
1 Casing_Atas conveyor_putih FIRST 1
Casing_Atas Mesin_Colouring_Biru WAIT N(5.17, 0.343) MIN
1 Casing_Atas Conveyor_biru FIRST 1
Casing_Atas Mesin_Colouring_Merah WAIT N(5.17, 0.343) MIN
1 Casing_Atas conveyor_merah FIRST 1
Casing_Atas Conveyor_biru 1 Casing_Atas Mesin_Pasang_Casing JOIN 1
Casing_Atas conveyor_merah 1
Casing_Atas
Mesin_Pasang_Casing JOIN 1
Casing_Atas conveyor_putih 1 Casing_Atas Mesin_Pasang_Casing JOIN 1
Casing_Bawah Kedatangan_Casing_Bawah IF ((CLOCK
(MIN) MOD 1440>=720) AND (CLOCK (MIN) MOD 1440<=780) OR (CLOCK (MIN) MOD
1440>=1020) AND (CLOCK (MIN) MOD 1440<=1440) OR (CLOCK (MIN) MOD
1440>=0) AND (CLOCK (MIN) MOD 1440<=480))
THEN
{
ROUTE 2
}
ELSE
{
ROUTE 1
} 1 Casing_Bawah Mesin_Pasang_Casing JOIN 1
MOVE ON net_csg_bwh
2 Casing_Bawah Gudang,7 FIRST 1 MOVE ON Net_Casing_Bawah_gudang
Laptop_Tanpa_Casing
Mesin_Pasang_Casing GET
Operator_Pasang_Casing
WAIT N(4.34, 0.86)
JOIN 1 Casing_Atas
JOIN 1
Casing_Bawah
FREE Operator_Pasang_Casing
1 Laptop Conveyor_Pak FIRST 1
Laptop Conveyor_Pak 1 Laptop Pengepakkan FIRST 1
Dus Kedatangan_Dus IF ((CLOCK (MIN) MOD 1440>=720)
AND (CLOCK (MIN) MOD 1440<=780) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=1020) AND
(CLOCK (MIN) MOD 1440<=1440) OR (CLOCK (MIN) MOD 1440>=0) AND (CLOCK
(MIN) MOD 1440<=480))
THEN
{
ROUTE 2
}
ELSE
{
ROUTE 1
} 1 Dus Pengepakkan JOIN 1 MOVE WITH Forklift THEN FREE
2 Dus Gudang,4 FIRST 1 MOVE ON Net_Dus_gudang
Laptop Pengepakkan GET Operator_Pengepakkan
WAIT U(2, 1)
JOIN 1 Dus
FREE Operator_Pengepakkan
ACCUM 50
1 Laptop Agen FIRST 1 MOVE WITH Truck THEN FREE
Laptop Agen 1 Layar EXIT FIRST 1
Layar Gudang 1
Layar EXIT FIRST 1
Keyboard Gudang 1 Keyboard EXIT FIRST 1
Komponen Gudang 1 Komponen EXIT FIRST 1
Casing_Atas Gudang 1 Casing_Atas EXIT FIRST 1
Casing_Bawah Gudang 1 Casing_Bawah EXIT FIRST 1
Dus Gudang 1 Dus EXIT FIRST 1
Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
0 komentar:
Posting Komentar